Minggu, 03 Juni 2012

5 Cara Mudah dan Cepat Untuk Membakar Lemak

Jika Anda memiliki keinginan besar untuk menurunkan berat badan, jangan berkecil hati karena masih ada kemungkinan bagi Anda untuk membakar lemak dengan cepat. Kuncinya adalah dengan meningkatkan dan mempercepat metabolisme. Seiring dengan bertambahnya usia, metabolisme akan menurun karena hilangnya masa otot sekitar 220 gram per tahun. Karena hilangnya otot ini, kemampuan tubuh Anda dalam membakar kalori akan berkurang sekitar 400 kalori per hari, sehingga berat badan Anda akan terus bertambah setiap minggunya. Tetapi masih ada cara untuk mengembalikan kemampuan membakar kalori tersebut dan sekaligus meningkatkan metabolisme. Di bawah ini ada beberapa langkah yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan metabolisme agar Anda dapat membakar lemak dengan cepat.
Hindari Refined Carbohydrates
Refined Carbohydrates adalah zat karbohidrat yang biasa  ditemukan pada nasi, pasta, gula, kentang dan roti putih. Jenis karbohidrat ini dapat membuat tubuh Anda melepaskan lebih banyak zat insulin yang bisa menyebabkan turunnya metabolisme.
Meskipun begitu, karbohidrat tetap dibutuhkan karena memberi energi pada tubuh. Tindakan terbaik adalah memilih karbohidrat kompleks yang kaya dengan serat yang bisa membantu menstabilkan gula darah dan memperbaiki pencernaan. Karbohidrat kompleks bisa didapatkan dari bran, oatmeal, jagung, gandum, buckwheat, kacang-kacangan, kacang polong dan sebagainya.
Konsumsi Zat Besi
Anda membutuhkan mineral ini untuk mensuplai oksigen pada sel-sel tubuh. Jika Anda kekurangan zat besi, metabolisme akan menurun. Gejala-gejala yang tampak apabila Anda kekurangan zat besi adalah merasa kelelahan dan kurang gairah, pusing, insomnia, kram pada kaki dan sebagainya. Anda bisa memperoleh zat besi dari daging ayam, daging sapi, kerang, udang, ikan sarden, kedelai, dan sayuran berdaun hijau seperti bayam.
Konsumsi Protein Dalam Jumlah yang Cukup
Mengkonsumsi cukup protein dapat meningkatkan metabolisme. Jumlah protein ideal adalah sekitar 20 sampai 35 persen dari makanan yang Anda santap. Terlalu banyak protein tidak dianjurkan karena bisa mengakibatkan kerusakan ginjal dan memperbesar timbunan lemak dalam tubuh.
Melakukan Latihan Beban
Jika Anda ingin membakar lemak secepatnya, latihan beban adalah cara yang terbaik. Latihan ini meningkatkan kadar metabolisme sehingga Anda akan membakar lebih banyak kalori meskipun Anda sedang tidak melakukan aktivitas fisik apapun. Latihan beban membuat metabolisme tubuh Anda meningkat dengan pesat yang akan tetap berlangsung sampai tiga jam setelah Anda melakukan latihan.
Tidur Dalam Jumlah yang Cukup
Anda harus tidur dalam jumlah yang cukup, jika Anda ingin membakar lemak anda. Menurut penelitian, orang yang tidur kurang dari 6 jam sehari memiliki kecenderungan mengalami obesitas sekitar 30 persen lebih besar daripada mereka yang tidur sekitar 8 sampai 9 jam sehari. Kurang tidur juga akan membuat nafsu makan meningkat yang seringkali dilampiaskan pada makanan-makanan yang banyak mengandung lemak dan karbohidrat. Jadi cara terbaik untuk menjaga agar metabolisme tubuh tetap tinggi adalah dengan tidur dalam jumlah yang cukup, yaitu sekitar 6 sampai 8 jam sehari.
Anda harus ingat membakar lemak dengan cepat tidak boleh dilakukan hanya karena masalah penampilan fisik. Alasan yang lebih penting adalah demi mendapatkan kehidupan dan tubuh yang lebih sehat, yang bebas dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh menumpuknya lemak dalam tubuh. Jika Anda konsisten dalam menjalankan langkah-langkah di atas dan memiliki kesungguhan yang besar, Anda akan berhasil dalam upaya Anda untuk menurunkan berat badan sekaligus memiliki tubuh yang lebih sehat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar