Rabu, 06 Juni 2012

Rencanakan 1 Minggu Menu Makanan Sehat Anda

Menu makanan untuk satu minggu dapat Anda gunakan sebagai menu makanan Anda sepanjang waktu dengan membuat sedikit variasi dalam hal sumber-sumber protein, sayuran dan cara memasaknya. Jika Anda sudah tahu betul bagaimana cara merancang menu makanan sehat untuk satu minggu, ternyata makan dengan sehat tidak sesulit yang Anda bayangkan, dan makanan yang sehat ternyata juga bisa lezat.
Sarapan
Anda harus sarapan agar Anda dapat memulai hari dengan baik dan bertenaga. Untuk mendapatkan menu diet yang sehat, sarapan harus mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sebaiknya Anda tidak merubah menu sarapan yang biasa Anda sukai. Yang perlu Anda lakukan adalah mengganti bahan-bahan yang banyak mengandung lemak dengan bahan-bahan makanan yang lebih sehat. Misalnya jika Anda menyukai telur, bacon daging babi dan sosis, ubahlah makanan tersebut menjadi telur putih, bacon kalkun dan sosis yang terbuat dari daging kalkun.
Anda dapat menyantap bacon kalkun dan telur putih pada hari pertama dan keempat dalam seminggu. Oatmeal yang disertai dengan yogurt rendah lemak dan buah beri dapat Anda sertakan untuk hari kedua, kelima dan ketujuh. Pada hari ketiga dan keenam Anda dapat memilih sereal tanpa gula yang berasal dari biji-bijian murni dan banyak mengandung serat. Anda dapat menambahkan pisang dan strawberi segar dalam sereal tersebut
Makan Siang
Untuk menjalani diet yang sehat, jangan makan siang secara berlebihan, karena makan siang sebetulnya Anda gunakan untuk mengisi kembali tenaga Anda agar Anda tetap berenergi. Makan siang harus membuat Anda merasa nyaman dan puas tanpa membuat Anda memerlukan camilan di sore hari.
Pilihlah menu yang banyak mengandung sayuran dan daging tanpa lemak yang masih segar. Daging olahan tanpa lemak bisa menjadi bahan makanan yang tidak sehat apabila di dalamnya banyak mengandung sodium nitrit dan bahan-bahan kimia lain yang berbahaya. Jadi carilah daging tanpa lemak yang segar, bukan daging olahan atau kalengan. Jika makan sandwich, jangan diberi kentang goreng, atau apabila Anda betul-betul menyukainya, pilihlah kentang panggang. Anda juga dapat memilih sup dan salad yang berisi bayam, brokoli dan tomat untuk makan siang, dan hindari makanan yang banyak mengandung lemak.
Makan malam
Masukkan ikan seperti salmon dan halibut dalam menu makan malam Anda, bisa satu atau dua kali dalam seminggu. Ikan salmon dan halibut mengandung asam lemak omega-3 dan mengandung lemak tak jenuh. Makanan laut yang banyak mengandung kolesterol seperti udang dan kerang sebaiknya Anda hindari. Masaklah ikan dengan cara merebus atau menumisnya dengan minyak zaitun agar kandungan nutrisinya tidak hilang.
Tahu dan dada ayam tanpa kulit juga merupakan pilihan yang baik. Jangan lupa untuk selalu menggunakan minyak zaitun untuk memasak makanan Anda, karena minyak zaitun memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah dan banyak mengandung lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan. Sekali dalam seminggu, Anda juga dapat menyertakan daging merah tanpa lemak seperti daging sapi ke dalam menu makanan Anda.
Olahlah sayur-sayuran menjadi hidangan yang lezat agar Anda mendapatkan makanan yang bervariasi dan tidak membuat Anda bosan dalam menjalani diet yang sehat. Hindari penggunaan satu macam sayuran dalam masakan Anda, dan sebisa mungkin jangan menggunakan gula, krim atau mentega.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar